Edit Grub Linux Mint







 GRUB merupakan sebuah program boot loader dimana kita dapat memilih operating system apa yang akan kita gunakan. Pada Linux Mint 10, secara default kita akan dimasukkan ke OS Linux Mint jika dalam waktu 10 detik, tombol keyboard tidak kita pencet. Hal ini mungkin
menyebabkan para pengguna Linux Pemula (seperti saya) yang 
 mendualboot komputernya dengan windows dan lebih sering menggunakan Windows ketimbang Linux harus memencet- mencet keyboard setiap kali menyalakan komputer. Permasalahan diatas dapat diatasi dengan melakukan sedikit perubahan pada menu GRUB Linux. Caranya adalah sebagai berikut :

Buka terminal dan masuklah sebagai super user, perintahnya adalah sudo su , lalu masukkan password


Selanjutnya kita rubah system permission pada folder tempat dimana file grub.cfg berada, yakni /boot/grub , perintahnya adalah : chmod 777 -R /boot/grub


Buka file grub.cfg menggunakan gedit dengan perintah : gedit /boot/grub/grub.cfg

Maka jendela Gedit akan muncul, dan siap untuk pengeditan (walaupun ada tulisan “DO NOT EDIT THIS FILE” .



Selanjutnya, kita dapat mengganti nama dari OS yang kita inginkan, timeout, default boot, menghilangkan menu, dan lain sebagainya.
Jika kita ingin Mengganti nama “Linux Mint 10 dst…..” yang super panjang, kita bisa mencarinya dibawah : ### BEGIN /etc/grub.d/10_linux ### . Dan jika yang ingin dirubah adalah Other OS, atau operating system yang lain, misalnya “Microsoft Windows 7 Ultimate dst…..” kita bisa mencarinya dibawah ### BEGIN /etc/grub.d/30_os-prober ### .
Untuk merubah timeout, atau waktu tunggu sebelum GRUB memasukkan kita ke OS default, cari kata-kata berikut (dengan fasilitas search “Ctrl+F” agar lebih mudah) : set timeout=”10″ , lalu ganti angka 10 sesuai kebutuhan, misalnya jika ingin cepat, kita ganti 5, atau jika ingin lebih lama, kita ganti 20, dst…
Untuk merubah default bootnya, cari kata- kata  berikut : default=0 , lalu ganti angka 0 dengan nomor urut OS yang akan dijadikan default boot (ingat, penghitungan dimulai dari angka 0, bukan angka 1) .
Jika kita ingin menghilangkan menu tertentu yang mungkin dianggap tidak perlu, kita tinggal menambahkan tanda pagar “#” sebelum menuentry, contoh :
Sebelum : menuentry “Linux Mint 10 dst……”
Sesudah : #menuentry “Linux Mint 10 dst…..”
Selamat Mencoba ..!!

Postingan populer dari blog ini

Linux Mint 10